Pendidikan Inklusif di Indonesia
Pendidikan inklusif dimaksudkan
sebagai sistem layanan pendidikan yang mengikut-sertakan anak berkebutuhan
khusus belajar bersama dengan anak sebayanya disekolah reguler yang terdekat
dengan tempat tinggalnya. Penyelenggaraan pendidikan inklusif menuntut pihak
sekolah melakukan penyesuaian baik dari segi kurikulum, sarana dan prasarana
pendidikan, maupun sistem pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan
individu peserta didik
Kenapa Pendidikan Inklusif Harus
Dipromosikan dan Diterapkan
- Semua anak mempunyai hak yang sama untuk tidak di-diskriminasi-kan dan memperoleh pendidikan yang bermutu.
- Semua anak mempunyai kemampuan untuk mengikuti pelajaran tanpa melihat kelainan dan kecacatannya.
- Perbedaan merupakan penguat dalam meningkatkan mutu pembelajaran bagi semua anak.
- Sekolah dan guru mempunyai kemampuan untuk belajar merespon dari kebutuhan pembelajaran yang berbeda.
Beberapa Kebaikan Pendidikan
Inklusif
- Membangun kesadaran dan konsensus pentingnya Pendidikan Inklusif sekaligus menghilangkan sikap dan nilai yang diskriminatif.
- Melibatkan dan memberdayakan masyarakat untuk melakukan analisis situasi pendidikan lokal, mengumpulkan informasi
- semua anak pada setiap distrik dan mengidentifikasi alasan mengapa mereka tidak sekolah.
- Mengidentifikasi hambatan berkaitan dengan kelainan fisik, sosial dan masalah lainnya terhadap akses dan pembelajaran.
- Melibatkan masyarakat dalam melakukan perencanaan dan monitoring mutu pendidikan bagi semua anak
Sekolah
Inklusif
Sekolah inklusif merupakan
perkembangan baru dari pendidikan terpadu.
Pada sekolah inklusif setiap anak
sesuai dengan kebutuhan khususnya, semua diusahakan dapat dilayani secara
optimal dengan melakukan berbagai modifikasi dan atau penyesuaian, mulai dari
kurikulum, sarana dan prasarana, tenaga pendidikan dan kependidikan, sistem
pembelajaran sampai pada sistem penilaiannya
Pengertian Pendidikan Inklusif
Pengertian Pendidikan Inklusif
Pendidikan Inklusif adalah sistem
layanan pendidikan yang mensyaratkan anak berkebutuhan khusus belajar di
sekolah-sekolah terdekat di kelas biasa bersama teman-teman seusianya
(Sapon-Shevin dalam O’Neil 1994)
Sekolah penyelenggara pendidikan inklusif
adalah sekolah yang menampung semua murid di kelas yang sama. Sekolah ini
menyediakan program pendidikan yang layak, menantang, tetapi disesuaikan dengan
kemampuan dan kebutuhan setiap murid maupun bantuan dan dukungan yang dapat
diberikan oleh para guru, agar anak-anak berhasil (Stainback, 1980)
Hal-hal yang harus diperhatikan
sekolah penyelenggara pendidikan inklusif
- Sekolah harus menyediakan kondisi kelas yang hangat, ramah, menerima keaneka-ragaman dan menghargai perbedaan.
- Sekolah harus siap mengelola kelas yang heterogen dengan menerapkan kurikulum dan pembelajaran yang bersifat individual
- Guru harus menerapkan pembelajaran yang interaktif.
- Guru dituntut melakukan kolaborasi dengan profesi atau sumberdaya lain dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
- Guru dituntut melibatkan orang tua secara bermakna dalam proses pendidikan.
sumber :
http://www.pkplkdikmen.net/inklusi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar