Minggu, 29 September 2013

Aneka Mainan Yang Mencerdaskan Anak Usia 2-5 Tahun

Tidak semua mainan anak dapat mencerdaskan otaknya. Sebagai orang tua tentu Anda harus selektif ketika akan membelikannya. Pada artikel kali ini Anda akan disajikan berbagai contoh aneka mainan yang mencerdaskan anak usia 2-5 tahun.

Beberapa contoh mainan berikut ini mungkin ada yang cocok untuk perkembangan buah hati Anda.

Sepeda anak-anak
Bermain sepeda dapat menguatkan otot tangan dan kaki dan meningkatkan koordinasi tangan dan kaki, serta mata pada anak. Dengan bersepeda maka anak akan mempunyai keterampilan dalam menggerakkan tubuhnya. Keterampilan inilah salah satu komponen kecerdasan fisik

Puzzle
Bermain puzzle akan merangsang otak anak untuk berfikir dalam menyusun kembali potongan-potongan bentuk gambar sehingga membentuk sebuah gambar yang utuh. Dengan bermain puzzle anak akan memiliki kecerdasan dalam mengenali bentuk bangun dan ruang. Agar menambah wawasan, usahakan gambar dalam puzzle tersebut merupakan gambar benda yang ada disekitarnya misal gambar binatang, buah-buahan, perabotan rumah dan lain sebagainya.

Boneka dan mainan yang dapat berbicara
Boneka yang dapat berbicara jika dipencet dapat membantu anak dalam mengenali kosakata sehari-hari. Ada juga mainan seperti Ipad yang layarnya berisi sekumpulan huruf yang jika dipencet maka akan berbunyi huruf yang dimaksud. Penggunaan mainan tersebut dapat melatih kecerdasan verbal seorang anak.

Musik box, piano dan gitar anak-anak
Musik box merupakan sebuah kotak yang jika dibuka maka akan mengeluarkan suara musik instrumen. Dengan mendengarkan musik instrumen ini akan merangsang anak dalam memahami alunan musik. Sedangkan penggunaan alat musik seperti piano dan gitar anak-anak dapat merangsang anak untuk mengolah dan memainkan nada. Keterampilan inilah salah satu penyusun kecerdasan musikal.

Bermain kemah di dalam rumah.
Kegiatan kemah di dalam rumah cukup mengasyikkan bagi anak-anak. Dengan berkemah, anak akan belajar mengenal bentuk tenda, peralatan tidur seperti kasur dan bantal. Selain itu anak akan belajar mandiri bagaimana cara menata peralatan tidur dan tidur sendiri di dalam tenda. Dengan begitu lambat laun anak akan memiliki kecerdasan kepemimpinan.

Pernak pernik angka
Pernak pernik angka dapat Anda pasang di kamar tidur anak maupun ditempelkan pada lemari es, ruang bermain anak dan tempat strategis lainnya. Sambil bermain, ajak anak Anda berhitung dengan cara mengucapkan angka-angka yang terdapat dalam pernak pernik angka. Dengan begitu anak akan memiliki kecerdasan numerik yang luar biasa.
Berdasarkan keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa aneka mainan yang mencerdaskan anak usia 2-5 tahun sangat membantu sekali bagi orang tua yang menginginkan anaknya cerdas di kemudian hari. Oleh karena itu sebagai orang tua ajarkan mulai dari sekarang beberapa mainan tersebut.

Tidak ada komentar: